Sejarah Singkat

Sejarah Singkat PD.BPR NTB Mataram..

PD. BPR NTB Mataram adalah salah satu Perusahaan Milik Pemerintah Daerah yang bergerak dalam bidang Jasa Keuangan/Perbankan yang berlokasi di Wilayah Mataram. Awal mulanya PD. BPR NTB Mataram berdiri dengan nama Lumbung Kredit Pedesaan Ampenan Utara atau biasa disebut LKP Ampenan Utara, yang lahir berdasarkan PERDA No. 15 Tahun 1994 tanggal 10 September 1994 tentang Lumbung Kredit Pedesaan. Seiring dengan perkembangannya dan mampu meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat melalui produk-produk yang ditawarkan serta ditunjang dengan peningkatan asset. Pada tahun 1998 berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor : KEP-158/KM.17/1998 TANGGAL 20 April 1998 tentang pemberian ijin operasional kepada PD. BPR LKP Ampenan Utara sebagai Bank Perkreditan Rakyat. Mempertimbangkan perkembangan zaman akhirnya berdasarkan Peraturan Gubernur Nusa Tenggara Barat Nomor 17 Tahun 2009 dan Surat Persetujuan dari Bank Indonesia nomor 12/172/DKBU/IDAd/Mtr tanggal 10 Agustus 2010, PD. BPR LKP Ampenan Utara berubah nama menjadi PD. BPR NTB Mataram dan kemudian bertransformasi melalui proses penggabungan PD BPR Se-NTB berdasarkan surat keputusan OJK Nomor Kep-45/D.03/2022 tanggal 23 Maret 2022. Atas keputusan tersebut tepat 01 April 2022 PD. BPR NTB Mataram telah memiliki 44 (Empat Puluh Empat) kantor cabang serta 6 (Enam) Kantor Kas yang merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Adanya proses penggabungan ini, maka PD. BPR NTB Mataram menjadi BPR dengan kategori BPRKU 3.

Komposisi Nama Pemegang Saham

Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 10 tahun 2016 sebagaimana diubah dengan Peraturan Daerah Nomor: 01 Tahun 2020 tentang penggabungan dan perubahan bentuk badan hukum PD.BPR NTB se- Nusa Tenggara Barat menjadi PD.BPR NTB, Pemegang Saham Pengendali yakni Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat sedangkan Pemegang Saham Minoritas yakni Pemerintah Daerah Kota Mataram, Pemerintah Daerah Lombok Barat, Pemerintah Daerah Lombok Utara, Pemerintah Daerah Lombok Tengah, Pemerintah Daerah Lombok Timur, Pemerintah Daerah Sumbawa Barat, Pemerintah Daerah Sumbawa, Pemerintah Daerah Dompu, Pemerintah Daerah Kabupaten Bima dan Pemerintah Daerah Kota Bima dengan target modal sebesar 500 M.

Maksud dan Tujuan didirikan PD.BPR NTB Mataram

PD.BPR NTB Mataram didirikan dengan maksud dan tujuan untuk membantu dan mendorong pertumbuhan perekonomian dan pembangunan disegala bidang serta sebagai salah satu sumber pendapatan daerah dalam rangka meningkatkan pendapatan dan taraf hidup masyarakat terutama dipedesaan, meningkatkan pemerataan kesempatan berusaha golongan ekonomi lemah atau pedagang kecil serta pedagang bakulan.Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut diatas PD. BPR NTB Mataram melakukan usaha meliputi :

  1. Penghimpunan dana dari masyarakat dalam bentuk tabungan dan deposito berjangka.
  2. Memberikan kredit dan melakukan pembinaan khususnya terhadap pengusaha ekonomi lemah / pengusaha kecil dan atau pedagang bakulan.
  3. Melakukan kerjasama antar PD.BPR NTB dan dengan lembaga perbankan atau lembaga keuangan lainnya.
  4. Menjalankan usaha-usaha perbankan lainnya sepanjang tidak bertentangan dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

PD.BPR NTB Mataram merupakan salah satu alat kelengkapan Otonomi Daerah di bidang keuangan dan perbankan yang menjalankan usahanya sebagai Bank Perkreditan Rakyat sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Untuk mencapai tujuan tersebut maka PD. BPR NTB Mataram menyelenggarakan usaha-usaha antara lain :

  1. Menghimpun  dana masyarakat dalam bentuk tabungan dan deposito berjangka.
  2. Menyalurkan kredit dan melakukan pembinaan terhadap pengusaha golongan ekonomi mikro / pengusaha kecil serta usaha-usaha masyarakat yang potensi untuk di kembangkan.
  3. Menyelenggarakan manajemen perbankan yang sesuai dengan prinsip kehati-hatian
  4. Melakukan kerjasama antar PD.BPR NTB Mataram dan dengan lembaga perbankan dan lembaga keuangan lainnya, dan
  5. Menjalankan usaha-usaha perbankan lainnya sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku

Visi dan Misi PD.BPR NTB mataram

  1. Visi

  • Menjadi Bank Perkreditan Rakyat yang terkemuka, sehat, kuat, produktif dan dipercaya oleh masyarakat

  1. Misi
    • Memperdulikan kepentingan masyarakat dan lingkungannya
    • Menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia Bank Perkreditan Rakyat (PD. BPR) Nusa Tenggara Barat  yang berkualitas dan professional serta memiliki integritas yang tinggi
    • Menyelenggarakan manajemen perbankan yang sesuai dengan prinsip kehati-hatian
    • Mendukung program ekonomi kreatif melalui ekonomi mikro dan kecil
    • Memberikan pelayanan unggul kepada lapisan masyarakat menengah ke bawah serta menyediakan produk  dan jasa perbankan lainnya
    • Menjadi bank yang terpercaya dan diakui keberadaannya oleh masyarakat

.